Mr. RyOuSt's Fan Box

Kanda's Fan Box

Kanda on Facebook

DANTE's Fan Box

DANTE on Facebook

Kamis, 21 Januari 2010

Mencari Tahu Arti Indie

LA LIGHTS INDIEFEST

Musik Indie, Apakah Itu?

Menurut istilah dalam popular music, kata ‘indie’ muncul dari kata ‘independent’. Jadi musik indie bisa diartikan sebagai genre, area, sub kebudayaan atau atribut kebudayaan lainnya yang memiliki karakter khusus yaitu lepas dari karakter musik popkomersial serta kebudayaan yang mainstream serta lebih banyak menggunakan pendekatan yang lebih dikenal sebagai ‘do it yourself approach’. Istilah indie sering digunakan sebagai acuan untuk seorang artis atau kelompok musikyang bukan merupakan bagian dari kebudayaan mainstream dan/atau membuat musik di luar pengaruh siapapun. Istilah indie juga kadang diasosiasikan sebagai kemampuan untuk bekerja di luar perusahaan (label rekaman) besar.

LA Lights Indiefest, Bukan Kompetisi Band Biasa

Kali ini LA Lights memberikan kesempatan bagi komunitas indie lewat program LA Lights Indiefest untuk memperdengarkan karya musik mereka lewat Festival Musik Indie yang pertama kalinya digelar di Indonesia. Ajang ini dibuat berdasarkan pengamatan kami terhadap perkembangan musik Indie Indonesia yang makin fenomenal dan berhasil menyeruak di antara musik-musik major. Hadirnya LA Lights Indiefest juga sekaligus untuk menepis anggapan kalangan banyak terhadap ajang-ajang pencarian bakat yang hanya memanfaatkan masyarakat. Kenapa? Karena LA Lights Indiefest merupakan proyek serius untuk memajukan musisi-musisi muda berbakat Indonesia yang berorientasi masa depan.

Seperti apa sih musik Indie itu? Simak saja musiknya The SIGIT, Endank Soekamti, Mocca Pure Saturday atau Homogenic asal Indonesia atau musiknya Kings of Convenience asal Norway dan Edson asal Swedia. Mereka itulah band-band yang mengikrarkan diri sebagai band indie. Mereka telah membuktikan bahwa musik indie yang unik dan idealis ternyata bisa juga sukses dan diterima masyarakat pecinta musik pada umumnya.

Mengapa mereka kemudian disebut sebagai band indie? Jawaban yang paling sederhana adalah karena mereka menciptakan musik sesuai dengan keinginan mereka, diaransemen, diproduksi serta diedarkan sendiri. Fenomena ini memang terlihat biasa, tetapi spirit yang mereka miliki adalah motivasi yang luar biasa tinggi untuk menyebarkan musik mereka kepada khususnya komunitas indie. Kalau kemudian ada record label indie yang tertarik untuk memberikan support kepada mereka untuk menjadi besar, itu adalah karena hasil kerja keras mereka sehingga lagu mereka dapat lebih dikenal oleh banyak orang.

[dari: Sound Up LA Light IndieFest Special Edition]

z104 PRODUCTION's Fan Box

z104 PRODUCTION on Facebook

ZIGZAGZEG's Fan Box

ZIGZAGZEG on Facebook

Triplezie Radioblog's Fan Box